Bagikan konten kami

Olahraga Berlebihan bisa sangat berbahaya untuk tubuh!. Berolahraga merupakan kegiatan yang memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari meningkatkan stamina, menurunkan berat badan, dan menghindari diri dari berbagai resiko penyakit. Namun meskipun menyehatkan, sayangnya masih banyak orang yang tidak tahu batasan dari tubuhnya sendiri sehingga mereka berolahraga demi bisa mencapai “goals” yang sebenarnya bisa membahayakan tubuh.

baca juga: manfaat olahraga badminton

Ketika baru pertama kali berolahraga, bahkan yang sudah terbiasa, merasa kelelahan, nyeri otot, atau bahkan sakit punggung merupakan kondisi umum yang bisa sembuh dengan beristirahat. Namun jika berlebihan, ada beberapa resiko penyakit yang bisa muncul yaitu:

3 Bahaya Olahraga Berlebihan

1. Kerusakan Jantung

Berolahraga secara berlebihan bisa meningkatkan resiko kardiotoksisitas dan aritmia. Kardiotoksisitas merupakan kondisi yang terjadi ketika adanya pelepasan senyawa kimia yang bisa menyebabkan jantung tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kerusakan pada otot jantung. Olahraga berlebihan juga bisa meningkatkan munculnya resiko terjadinya gangguan irama jantung.

2. Penyakit Ginjal

Kerusakan otot juga bukan hanya pada otot jantung, namun juga karena penyakit ginjal yang disebut rhabdomyolysis. Penyakit ini bisa menyebabkan urine menjadi berwarna lebih cokelat, kelemahan, nyri otot, bahkan yang paling parah adalah gagal ginjal karena struktur penyaringan ginjal yang tersumbat karena kerusakan otot. Kondisi ini terjadi karena kerusakan otot melepaskan pigmen myoglobin ke aliran darah.

3. Kecanduan Olahraga

Perilaku olahraga berlebihan bisa terjadi karena seseorang yang memiliki riwayat gangguan makan, perilaku rendah diri atau perfeksionisme. Selain itu, tanpa kamu sadari berolahraga berlebihan juga bisa menjadi gejala adanya gangguan mental seperti OCD. Hal ini tentu saja tidak akan terasa dan berakibat berbahaya pada tubuhmu.

Itulah beberapa dampak negative yang bisa terjadi jika kamu berolahraga secara berlebihan. Jika kamu orang yang pasif dan ingin berolahraga, lebih baik untuk berolahraga dengan intensitas yang ringan. Akan lebih baik lagi jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Tanda – Tanda Olahraga Terlalu Berlebihan

Mengetahui kondisi tubuh sendiri sebelum berolahraga merupakan pilihan yang paling tepat karena kamu bisa mengukur batasan dari tubuhmu. Jika kamu bingung bagaimana intensitas tepat dan tanda – tanda berolahraga berlebihan. Ada beberapa kondisi fisik yang biasa nya muncul yaitu:

Menurunnya performa dan kinerja olahraga

Latihan ringan yang menjadi sulit

Kelelahan yang berlebihann

Nyeri otot terus menerus

Perubahan suasana hati

Gangguan tidur

Menurunnya nafsu makan dan

Ketidakseimbangan tubuh yang bisa memicu kompikasi penyakit lain.

baca juga: Teknik lari untuk pemula

Jika kamu merasakan kondisi diatas, maka lebih baik untuk menghentikan latihan dan beristirahat sampai tubuh dalam keadaan normal. Jika kamu merasa tubuh sudah sehat, maka kamu bisa berolahraga lagi namun menurunkan intensitas olahraga tersebut. Apalagi saat ini sedang bulan Ramadhan, mungkin ada keinginan olahraga buat kamu yang ingin menurunkan berat badan. Namun jangan sampai berlebihan dan malah membuat tubuhmu terkena penyakit.

Beli Baju Olahraga di RakeanSublime!

Selain jangan berlebihan, jangan lupa juga untuk membeli baju olahraga favorit mu di RakeanSublime!. Buat kamu yang ingin aktif kembali namun bingung cari Outfit, kami menyediakan berbagai macam jenis jersey seperti jersey futsal bandung yang bisa membuat kamu lebih keren ketika berolahraga!. Jika nggak ada desain yang cocok, jangan khawatir karena kami menyediakan jasa desain jersey tanpa tambahan biaya desain!. Kunjungi kami di Marketplace shopee, tokopedia, lazada dan bukalapak atau melalui whatsapp di website kami toko jersey bola di bandung!.


Bagikan konten kami
0 0 suara
Article Rating
Langganan
Beri tahu tentang
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar